Tanda Tanda Kecintaan Sejati Kepada Ahlulbait As

0
238 Dibaca
Kecintaan Kepada Ahlulbait

Kecintaan kepada Ahlulbait as. akan menumbuhkan efek-efek positif pada seorang, yang akan lahir dalam sikap dan prilakunya, di antaranya ialah:

1. Bersungguh-sungguh dalam beramal

Imam Ali as. bersabda:

أنا مع رسول اللّه (ص) و معي عترتي و سبطي على الحوض، فمن أرادنا فليأخذ بقولنا و ليعمل عملنا.

Aku bersama Rasulullah saw., dan bersamaku itrahku dan kedua cucu (Rasulullah saw), maka barang siapa menghendaki kami hendaklah ia mengambil ucapan kami dan beramal dengan amalan kami. (al- Khishal: 624 hadis no. 10 dari Abu al Bashir dan Muhammad ibn Muslim dari Imam Ja’far as. dari ayah-ayah beliau, Tafsir Furat al Kufi: 367 hadis no. 499, dan Jami’ al Akhbar: 495 hadis no. 1376)

من احبنا فليعمل بعملنا واليتجلبب الورع

Barangsiapa mencintai kami hendaknya ia beramal dengan amal kami, dan hendaknya mengenakan baju wara’ (kehati-hatian dalam agama). (Ghurar al-Hikam hikmah no 8483)

2. Mencintai Orang-orang yang mencintai Ahlulbait As

Imam Ali as bersabda:

من أحب الله أحب النبي صلى الله عليه وآله ومن أحب النبي أحبنا، ومن أحبنا أحب شيعتنا

Barangsiapa mencintai Allah pasti ia mencintai Nabi, barangsiapa mencintai Nabi pasti ia mencintai kami, dan barangsiapa mencintai kami pasti ia mencintai syiah (Para pecinta dan pengikut) kami. (Tafsir Furat.128 hadis no 146 dari zaib ibn hamzah ibn Muhammad ibn Ali ibn ziyad al-Qashshar)

3. Mencintai Keturunan, Dzurriyah Ahlulbait As

Diriwayatkan oleh at-Turmudzi, ath-Thabari dan al-Hakim dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda:

احب الله لما يغدوكم من نعمه وأحبوني لحب الله وأحبوا أهل بيتي لحبي

Cintailah Allah karena nikmat-nikmat yang dianugerahkan Nya kepada kalian dan cintailah aku karena kecintaanmu kepada Allah dan cintailah Ahlulbaitku karena kecintaamu kepadaku. (60 Hadis keutamaan Ahlulbait; al-Suyuthi hadis ke-9)

Syeikh Akbar Muhyiddin Ibnu Arabi berkata. “Ketahuilah, termasuk pengkhianatan atas Rasulullah saw. adalah jika kamu berkhianat atasnya dalam sesuatu yang beliau memintamu agar mencintai kerabatnya dan Ahlulbaitnya, sebab barang siapa membenci seorang dari Ahlulbaitnya maka ia benar-benar telah membenci Rasulullah saw, sebab Rasulullah adalah bagian dari Ahlulbait. dan kecintaan kepada Ahlulbait itu tidak terbagi, kerena ia tidak bergantung kecuali kepada yang mutlak (umum sifatnya), tidak untuk satu-persatu secara khusus, maka perhatikan hal ini. Dan kenalilah kadar kedudukan Ahlulbait, sebab siapa yang berkhianat terhadap Ahlulbait itu artinya berkhianat terhadap Rasulullah saw, dalam sunahnya dan barangsiapa berkhianat terhadap apa yang beliau sunahkan maka ia telah berkhianat terhadap beliau saw. (Ibid, dari al-Futuhat al-Makkiyah bab 502)

4. Membenci musuh-musuh Ahlulbait As

Ketika disampaikan kepada Imam la’far as. bahwa ada seorang mencintai dan berwilayah kepada kalian Ahlulbait as., hanya saja ia lemah dalam berlepas diri dari musuh-musuh kalian. Maka beliau as. bersabda:

هيهات كذب من ادعى محبتنا ولم يتبرا من عدونا

Jauhlah! Bohonglah orang yang mengaku mencintai kami tetapi ia tidak berlepas diri ( berbara’ah ) dari musuh-musuh kami. (Mustathfar al-Sirah:147 hadis 2)

Telah diriwayatkan bahwa ada seorang datang menemui Amirul Mukminin Ali as. seraya berkata, “Aku mencintai Anda dan juga aku mencintai musuh-musuh Anda.” Maka Ali as. berkata kepadanya:

أما الان فأنت أعور، فاما أن تعمي أن تبصر

“Sekarang ini engkau sedang buta sebelah, a’war, jadi (pilihlah) apakah engkau buta total atau melek total.” (Syi’atu Ahlulbait as: Mahdi al-Ashifi: 85)

5. Besiap-siap menghadapi terpaan badai cobaan

Imam Ali as. bersabda:

من أحبنا أهل البيت فليستعد عدّة للبَلاء

Barang siapa mencintai kami Ahlulbait hendaknya ia mempersiapkan diri untuk menghadapi cobaan.

sumber: didiklah putra putri anda mencintai nabi dan keluarganya hal.133-137 karya Ust Ali Umar Habsyi

Berita sebelumya7 kewajiban Guru Terhadap Dirinya
Berita berikutnyaAhlulbait As Bagaikan Pintu Pengampunan
Avatar
Karimah Ahlulbait adalah sebuah situs website yang dibuat untuk menyebarkan ilmu Ahlulbayt as Tujuan situs ini adalah memberikan bimbingan kepada komunitas Ahlul Bait Indonesia agar mereka bisa mendapatkan pencerahan terkait dengan cara menjalani kehidupan sebagai pengikut madzhab Ahlul Bait. Di dalam situs ini para pengikut madzhab Ahlul Bait akan mendapatkan pengetahuan mengenai, fiqih, amalan, hadis, kisah, sejarah dan lain sebagainya. Yang bisa dibaca melalui artikel yang kami posting. Anda bisa melihat ragam sajian kami sebagaimana yang tertera di bagian kategori yang ada dalam situs kami. Jika antum merasa situs web kami bermanfaat silahkan untuk di share ke sosial media yang ada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here