Sayyidah Fatimah Az-Zahra as di Sisi Para imam

0
498 Dibaca
Sayyidah Fatimah Di Sisi Para Imam
Photo: instagram/imamhusainorg

Mengenai Sayyidah Fatimah di sisi para imam, sahabat dan juga para ahli sejarah adalah sebagai berikut:

Imam Ali bin Husain Zainal Abidin as berkata, “Tidak ada seorang pun putera Rasulullah saw dari Khadijah lahir di atas fitrah Islam kecuali Fatimah.” (Raudhatul Kafi, hal.536)

Dari Abi Ja`far Baqir as, “Demi Allah, Allah Swt telah menyapihnya dengan ilmu.” (Kasyful Ghummah jil.1, hal.463)

Dari Abi Abdillah Shadiq as, “Sungguh Beliau dinamakan Fatimah karena tidak ada makhluk yang mampu mengenali (hakikat) nya.” (Biharul Anwar jud 43, hal.19)

Dari Ibnu Abbas: Pada suatu hari Rasulullah saw sedang duduk di samping Ali, Fathimah, Hasan, dan Husain lalu bersabda, “Ya Allah, sungguh Engkau mengetahui bahwa mereka adalah Ahlulbaitku dan manusia paling mulia bagiku. Maka cintailah orang yang mencintai mereka dan murkailah orang yang memurkai mereka, kasihanilah orang yang mengasihi mereka dan musuhilah orang yang memusuhi mereka dan tolonglah orang yang menolong mereka. Jadikanlah mereka orang-orang yang tersucikan dari segala kotoran dan terjaga dari semua dosa dan kuatkanlah mereka dengan Ruh suci dari Mu.” (Biharul Anwar, jud.43, hal.65, 24.)

Ummu Salamah berkata, “Fatimah binti Rasulullah saw adalah manusia yang paling mirip wajahnya dengan Rasulullah saw.” (Kasyful Ghummah jil,1, hal.471)

Aisyah berkata, “Aku tidak pernah melihat seorang pun yang lebih benar perkataannya dari Fatimah kecuali yang melahirkannya. Jika Fatimah as menemui Rasulullah saw, beliau berdiri mencium dan menyambutnya, memegang tangannya dan mendudukkannya di majlisnya. Sebaliknya, apabila Nabi menemuinya, Fatiimah Zahra as berdiri dari majlisnya lalu mencium beliau, memegang tangan ayahnya, dan mendudukkan beliau di majlisnya. Rasulullah saw selalu mengkhususkan Fatiimah Zahra as dengan rahasianya dan mengadukan urusannya padanya.” Taufiq Abu Alam, Ahlulbait hal 144)

Hasan Bashri berkata,”Tidak ada seorang pun dari umat ini yang lebih tekun ibadahnya dari Fatimah as. Beliau senantiasa bangkit (untuk salat malam dan bermunajat) sampai kedua kakinya bengkak.” (Biharul Anwar juz 43 hal 84)

Abdullah bin Hasan yang masih belia tapi penuh wibawa menemui Umar bin Abdul aziz. Umar lalu menunda pertemuannya,  menyambut Abdullah dan memenuhi keperluan-keperluannya. Kemudian Umar memegang lipatan perut Abdullah (karena  kegemukan—peny.)

dan mencubitnya sampai membuatnya kesakitan seraya berkata pada Abdullah, “Sebutkanlah ketika (pemberian) syafaat.’ Maka ketika Abdullah keluar, keluarga Umar mencerca Umar bin Abdulaziz dan berkata, Kamu lakukan.. ini terhadap anak yang masih belia?’

Umar berkata, Sesungguhnya tsiqah (orang yang di percayai) meriwayatkan padaku sampai seakan-akan aku mendengarnya dari lisan Rasulullah saw sabdanya . ini, ‘Sesungguhnya Fatimah adalah darah dagingku. Siapa yang membuatnya gembira, dia membuat aku gembira.’ Dan aku tahu bahwa andaikata Fatimah as masih hidup niscaya apa yang aku lakukan terhadap anaknya membuatnya gembira.’

Keluarganya berkata, lalu apa arti cubitanmu terhadap perutnya dan arti perkataanmu?’ Umar berkata, `Tak seorang pun dari Bani Hasyim melainkan mempunyai syafaat maka aku berharap mendapat syafaatnya.” (al-ghani, jil.8 hal, 307; lihat Maqatil al-Thalibin hal 124)

Ibnu Shabbag Maliki berkata, “Dan dia adalah putri dari seseorang yang diturunkan padanya (ayat), Mahasuci Allah yang telah memperjalankan… (QS. al-Isra: 1), matahari dan bulan yang ketiga, putri sebaik-baik manusia, yang lahir suci, penghulu wanita berdasarkan ijmak orang-orang yang benar pendapatnya.” (al-Fushul al-Muhimmah, hal, 141, cetakan beirut)

Hafiz Abu Nalm Isfahani berkata tentang beliau, “Dan di antara orang-orang dari golongan perempuan ahli ibadah dan suci dan orang-orang dari golongan perempuan suci dan bertakwa adalah Fatimah (rida Allah atasnya). Sayidah al-Batul, darah daging Rasulullah saw yang paling mirip dengan beliau…seorang perempuan yang menjauhkan diri dari dunia dan kenikmatannya, dan mengetahui cacat— cacat dunia dan malapetakanya.” (Hilyatul Awliya jil.2, hal.39 cetakan Beirut)

Abdul Hamid bin Abi Hadid Muktazili berkata:

Rasulullah saw menghormati Fatimah dengan penghormatan yang agung melebihi dari apa yang disangka oleh manusia… lebih dari kecintaan ayah pada anaknya. Beliau bersabda dihadapan khalayak khusus dan umum berkali—kali dan bukan sekali saja dalam kondisi yang berbeda—beda, “sesungguhnya dia (Fatimah) adalah penghulu wanita semesta alam dan sesungguhnya dia sama seperti Maryam binti Imran. Jika dia lewat di suatu tempat, dari arah Arsy ada suara rnemanggil, ‘Wahai penduduk langit, pejamkanlah mata kalian karena Fatimah binti Muhammad akan lewat.”

Hadis—hadis ini termasuk hadis—hadis yang sahih dan bukan hadis dhaif. Berulangkali beliau bersabda, “Siapa yang menyakitinya, dia menyakiti aku dan siapa yang membuatnya murka, dia membuatku murka, dan sesungguhnya dia adalah darah dagingku, siapa yang meragukannya, dia meragukan aku.” (Syarh Nahjul Balaghah jil.9, hal.193)

Ahli sejarah kontemporer Doktor Ali Hasan Ibrahim mengatakan, “Kehidupan Fatimah adalah lembaran unik dari lembaran—lembaran sejarah. Kita akan merasakan di dalamnya berbagai bentuk keagungan. Beliau tidak seperti Ratu Bilqis atau Cleopatra yang keagungan keduanya diperoleh dari istana yang besar, kekayaan yang melimpah dan kecantikan tiada tara.

Beliau bukan seperti Aisyah yang kemasyhuran diperolehnya karena keberaniannya memimpin pasukan—pasukan dan menentang orang—orang Tetapi, kita berhadapan dengan pribadi yang mampu keluar dari tipuan dunia dan di sekeliling beliau terpancar cahaya hikmah dan keagungan.

Hikmah yang rujukannya bukan pada kitab—kitab, para filosof atau ilmuwan melainkan pengalaman-pengalaman dari masa-masa penuh perubahan dan gejolak. Keagungannya tidak diperoleh dengan harta kepemilikan atau kekayaan tetapi datang dari kedalaman jiwa.” (Lihat Fatimah Zahra Bahjatu Qalbi al-Musthafa, hal, 21)

 

SUmber: Maha Wanita, Hal 18-22

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here