Panduan Dan Tata Cara Shalat A’rabi

1
219 Dibaca
Tata Cara Shalat A'rabi

Mengenai panduan dan tata cara shalat A’rabi, Sayid Ibnu Thawus dalam kitabnya jamal aI-Usbu’ meriwayatkan dari Syekh Til’akbari dengan sanadnya dari Zaid bin Tsabit, yang berkata “Seorang Iaki-laki dari dusun nan jauh berdiri, seraya berkata, ‘Demi ayah dan ibuku sebagai tebusanmu wahai Rasulullah! Saya tinggal di daerah pedesaan yang jauh dari kota Madinah dan tidak dapat menemuimu setiap hari Jumat, maka ajarilah aku amalan keutamaan shalat di hari jumat yang akan kuajarkan lagi pada keluargaku?

Rasulullah saw bersabda’Apabila matahari mulai meninggi (untuk wilayah Indonesia. sekira jam 8 atau 9 pagi-penerj.) shalatlah dua rakaat. Rakaat pertama, membaca surah al-Fatihah satu kali dan surah aI-Falaq tujuh kali. Untuk rakaat kedua, membaca surah al-Fatihah satu kali dan surah al-Nas tujuh kali. Setelah salam, membaca Ayat Kursi tujuh kali.

Kemudian melakukan shalat delapan rakaat dengan dua salam. Setiap dua rakaat. duduk sejenak lalu bangkit berdiri melanjutkan rakaat ketiga dan keempat. melakukan tasyahud dan salam. Lalu bangkit berdiri untuk melaksanakan empat rakaat lagi seperti sebelumnya.

Bacalah untuk setiap rakaat surah al-Fatihah satu kali dan surah aI-Nashr (ldza ja’a Nashrullah) satu kali dan al-Ikhlas (Qul Huwallahu Ahad) 25 kali. Apabila selesai tasyahud dan salam, berdoalah dengan doa berikut ini tujuh kali:

يَاحَيُّ ياقَيُّوْمُ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَا إِلٰهَ الْأَوَّلِيْنَ وَالْآخِرِيْنَ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، يَا رَحْمٰنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَ رَحِيْمَهُمَا يَا رَبِّ يارَبِّ يارَبِّ يارَبِّ يارَبِّ يارَبِّ يارَبِّ يَا اللّٰهُ يَا اللّٰهُ يَا اللّٰهُ يَا اللّٰهُ يَا اللّٰهُ يَا اللّٰهُ يَا اللّٰهُ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَاغْفِرْ لِيْ.

Duhai yang Maha Hidup lagi Maha Kekal! Duhai Pemilik keagungan dan kemuliaan! Duhai Tuhan yang Maha Awal dan  yang Maha Akhir! Duhai yang Maha Peyangan dari semua yang penyayang! duhai yang Pengasih di dunia dan akhirat! duhai yang Penyang di dunia dan akhirat! Ya Rabbi! Ya Rabbi! Ya Rabbi! Ya Rabbi! Ya Rabbi! Ya Rabbi! Ya Rabbi! Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah Sampaikan salawat kepada Muhammad dan keluarganya, ampunilah aku.

Mohonlah hajat Antum…

Setelah itu, bacalah wirid di bawah ini 70 kali,

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰه الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰه الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena dengan izin Allah yang Maha tinggi lagi Maha Agung.

Dan lanjutkan dengna membaca wirid dibawah ini,

سُبْحَانَ اللّٰهِ رَبِّ العَرْشِ الكَرِيْمِ

Maha Suci Allah Tuhan Pemilik Arasy Yang Maha Pemurah

Demi yang mengutusku dan memilihku dengan hak. tidaklah seorang mukmin dan mukminah mengamalkan shalat ini pada hari Jumat seperti yang aku ajarkan, kecuali aku meniaminnya beroleh surga dan sebelum meninggalkan tempatnya di dunia ini, dia melakukan amalan tersebut baginya diampuni dosa-dosanya, kedua orang tuanya, dianugerahi Allah Ta’ala pahala dari orang yang shalat pada hari itu di seluruh negeri muslim, ditetapkan baginya pahala orang yang puasa dan shalat pada hari itu di seluruh belahan dunia Barat maupun Timur, serta Allah Ta’ala akan menganugerahinya sesuatu yang mata tidak pernah melihatnya dan telinga tidak pernah mendengarnya

Syekh Abbas Qommi berkata. “Shalat ini telah diriwayatkan oleh Syekh Thusi dalam kitabnya, al-Mishbah, tetapi beliau tidak menyebutkan doanya. Dikatakan.’Apabila telah selesai mengerjakan shalat, maka ucapkanlah wirid ini 70 kali”

سُبْحَانَ اللّٰهِ رَبِّ العَرْشِ الكَرِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ العَظِيْمِ

Maha suci Allah! Tuhan Pemilik Arasy Yang Maha Pemurah! Tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Sumber: Dikutip Dari al-Baqiyat al-Shalihat hal.145-147

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here