Nama Nama Sayyidah Fatimah Az-Zahra

0
100 Dibaca
nama sayyidah fatimah zahra

Nama Nama Sayyidah Fatimah Az-Zahra As – Berkaitan dengan nama sayyidah fatimah az-Zahra, disini al-faqir akan sebutkan enam nama dari sayyidah fatimah az-zahra.

Nama Nama Sayyidah Fatimah Az-Zahra As

Shiddiqah

Berarti sempurna kebenarannya. Beliau membenarkan ayahnya, benar perkataan, perbuatan dan kesetiaannya. Beliau adalah ash-Shiddiqah al-Kubra. Masa berputar untuk mengenalnya sebagaimana yang diriwayatkan dari cucu-cucunya Imam Shadiq as.

Mubarakah

Yaitu kebaikan melimpah yang muncul dari Fatimah az-Zahra as, al-Quran mensifatinya dengan Kautsar karena keturunan Nabi saw terputus kecuali dari beliau as.

Dia adalah ibu para imam yang suci dan ibu dari keturunan yang banyak. Dia yang mempertahankan risalah Muhammad saw dan menanggung beban menghadapi tirani dan para penyeleweng.

Dia adalah kebaikan yang banyak atau permata terindah yang diberikan Allah Swt pada Rasul-Nya sebagaimana dijelaskan dalam surah al-Kautsar. Ibnu Abbas meriwayatkan: Rasulullah saw bersabda, “Putriku Fatimah adalah bidadari dalam rupa manusia. Dia tidak tercemari oleh (darah) haid dan kotoran dan dinamai Fathimah karena Allah Swt melindunginya dan pengikutnya dari api neraka.”

Beliau juga bersabda, “Sesungguhnya Fatimah adalah bidadari dalam rupa manusia, disaat aku merindukan surga aku pun menciumnya.”

Ibnu Abbas bin Malik mengatakan, “Fatimah laksana bulan di malam purnama atau seperti matahari mengatasi mendung ketika keluar dari awan, putih, mempunyai raut wajah yang kemerah-merahan, berambut hitam, dan sangat mirip dengan Rasulullah saw.”

Thahirah

Beliau dijuluki Thahirah karena kesuciannya dari segala noda dan dosa. Beliau sama sekali tidak pernah melihat darah haid atau pun nifas, sebagaimana diriwayatkan Imam Muhammad Baqir as. Al-Quran pun telah menyatakan kesuciannya dari kotoran dalam ayat Tathhir.

Radhiyah

Beliau as senantiasa rida terhadap apa yang ditakdirkan kepadanya dari kepahitan hidup, kesulitan, musibah dan pahalanya.

Mardhiyyah

Beliau diridai oleh Tuhannya sebagaimana diberitakan oleh al-Quran mulia tentang hal tersebut dalam surah ad-Dahar karena Tuhannya meridai usahanya dan mengamankannya dari ketakutan paling besar dan beliau termasuk dalam ayat, Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha terhadap-Nya.

Beliau juga sangat takwa pada Tuhannya sebagaimana kita dapat melihat hal itu dalam sejarah hidupnya.

Muhaddatsah

Wanita yang berbicara dengan para Malaikat, seperti halnya Malaikat berbicara dengan Maryam putri Imran, Ibu Musa dan Sarah istri Nabi Ibrahim ketika Malaikat memberi kabar gembira padanya dengan Ishak dan Yakub setelah Ishak. Rasulullah saw menjuluki Fathimah dengan sebutan “Ummu Abiha” sebagai penghormatan terhadap kedudukannya karena tak seorang pun yang menyamainya dalam kecintaan Rasulullah saw kepadanya serta tingginya kedudukannya di sisi beliau. Rasul memperlakukannya seperti perlakuan seorang anak pada ibunya sebagaimana dia memperlakukan Rasul seperti perlakuan ibu pada anaknya karenanya Fathimah selalu mendekap beliau, membalut luka-lukanya dan meringankan deritanya.

Fatimah Zahra as juga dijuluki Ummul-Aimmah (ibu para imam) karena Rasulullah saw telah memberitahukan bahwa para imam berasal dari putra-putranya dan Imam Mahdi (semoga Allah mempercepat kemunculannya) berasal dari keturunannya.

Itulah enam nama sayyidah fatimah az-zahra, semoga bermanfaaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here