Kisah Mukjizat Imam Ali al-Ridha As

thumbnail

Berkaitan dengan mukjizat imam Ridha, Al-Mirza menukilkan sebuah kisah dari Muhammad Husain Qumsyah. Ketika beliau bepergian dari Irak ke Masyhad untuk melakukan ziarah ke (makam) lmam Ali al-Ridha.

Di jari beliau muncul (tumbuh) daging dan sangat menyakitkan. Orang-orang lantas membawa beliau ke rumah sakit dan bertemu seorang dokter yang beragama Nasrani.

Dokter tersebut berkata. “Jari ini harus diamputasi segera, jika tidak, ia akan menyebar ke seluruh tangan.” Spontan saia Syaikh Muhammad Husain menolak untuk diamputasi. Dokter itu berkata. ”Kalau Anda biarkan ini hingga esok, maka saya akan terpaksa mengamputasi hingga pergelangan.”

Syaikh pun pulang ke tempat istirahat beliau, tetapi semalam suntuk hanya rasa sakit kian bertambah yang beliau rasakan. Akhirnya, esok harinya beliau bersedia diamputasr Jarinya. Sesampainya di rumah sakit dan setelah pemeriksaan lebih Ianiut pada tangan beliau, dokter itu berkata “Sekarang. harus diamputasi hingga pergelangan.“

Mendengar itu, Syaikh pun menolaknya dan memohon agar jarinya saja yang diamputasi. Tetapi dokter itu menjawab “Takkan ada manfaatnya iika hanya iari saia yang diamputasi. ladi. harus hingga pergelangan. dan bisa saja nanti menjalar ke seluruh tangan sehingga kami terpaksa harus mengamputasinya hingga ke bahu.”

Untuk kesekian kalinya. Syaikh menolaknya dan beliau pun pulang, walau rasa sakit semakin beliau rasakan. Akhirnya, beliau pasrah untuk diamputasi hingga pergelangan. Orang-orang pun membawa beliau ke rumah sakit lagi. Setelah diperiksa, dokter pun berkata. “Kali ini harus diamputasi hingga bahu. karena penyakitnya sudah menjalar ke atas. Jika kita tidak mengamputasinya hari ini hingga ke bahu. maka penyakitnya akan menjalar hingga ke sekujur tubuh. lalu ke jantung. Dan Anda bisa meninggal.”

Kali ini pun beliau menolak untuk diamputasi hingga ke bahu. dan akhirnya beliau pulang dengan rasa sakit yang makin bertambah. Pagi harinya. kembali beliau rela untuk diamputasi hingga ke bahu. Maka. beliau pun dibawa ke rumah sakit. Sebelum sampai, beliau berkata kepada para pengantarnya. “Mungkin saya akan meninggal dunia hari ini di rumah sakit. Karena itu. bawalah saya dulu ke makam suci Imam al-Ridha.“ Mereka pun mcmbawa beliau ke makam dan meletakkan beliau di sebuah sudut makam.

Mulailah beliau berdoa sambil menangis, memohon, bertawassul dan mengadukan sakitnya itu kepada Imam al-Ridha seraya berucap. “Apakah Anda rela jika salah seorang peziarah Anda tertimpa musibah seperti ini dan Anda tidak menolongnya. padahal Anda adalah seorang Imam yang sangat berbelas kasih kepada para peziarahnya?“

Akhirnya, beliau mengantuk dan tertidur. Dalam tidurnya. beliau melihat Imam al-Ridha meletakkan tangannya yang penuh berkah di bahu beliau serta mengusapkannya ke seluruh tangan hingga ke ujung-uiung jarinya. Imam berkata kepada beliau. “Engkau sudah sembuh!” Syaikh Muhammad Husain tersentak dari tidurnya dan langsung melihat tangan beliau yang sudah sembuh dari rasa sakit. Kemudian, beliau pergi ke rumah sakit bersama para pengantarnya. tanpa memberitahu mereka tentang kesembuhannya.

Ketika melihat tangan beliau dan tak menemukan daging tumbuh itu lagi. sang dokter pun memperhatikan tangan beliau yang lain dengan sangkaan dia telah keliru (memeriksa tangan yang satunya). Namun ternyata tangan itu juga sehat-sehat saja.

Lantas, dengan terheran-heran dokter itu berkata. “Apakah Anda tadi bertemu dengan (Isa) al-Masih?”

Syaikh Muhammad Husain lalu menjawab. “Bahkan saya bertemu orang yang lebih agung darinya dan telah menyembuhkan saya.” Setelah itu, barulah beliau menceritakan apa yang dialaminya di makam itu.

Sumber: Kisah kisah ajaib, halaman 34-36, karya Ayatullah Dr. Prof Dasteghib

Avatar
Karimah Ahlulbait adalah sebuah situs website yang dibuat untuk menyebarkan ilmu Ahlulbayt as Tujuan situs ini adalah memberikan bimbingan kepada komunitas Ahlul Bait Indonesia agar mereka bisa mendapatkan pencerahan terkait dengan cara menjalani kehidupan sebagai pengikut madzhab Ahlul Bait. Di dalam situs ini para pengikut madzhab Ahlul Bait akan mendapatkan pengetahuan mengenai, fiqih, amalan, hadis, kisah, sejarah dan lain sebagainya. Yang bisa dibaca melalui artikel yang kami posting. Anda bisa melihat ragam sajian kami sebagaimana yang tertera di bagian kategori yang ada dalam situs kami. Jika antum merasa situs web kami bermanfaat silahkan untuk di share ke sosial media yang ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top