Bulan Rajab Dan Keutamaannya

0
542 Dibaca
Bulan Rajab

Bulan Rajab dan Keutamaannya – Tulisan ini, al-Faqir ambil dari tulisan Ust Muhammad Taufiq Ali Yahya.

Bulan Rajab adalah termasuk di antara bulan-bulan barokah, bulan yang agung dan mulia. Dia termasuk salah satu bulan-bulan harom atau asyhurul hurum (Dinamakan bulan haram karena pada bulan itu orang- orang jahiliyah mengharamkan peperangan dan memuliakannya ketika Islam datang tetap menjadikannya sebagai bulan haram dan bulan mulia) Di dalam Al- Quran ada empat bulan di antara 12 bulan yang disebut sebagai bulan haram yaitu bulan Zulqo’dah, Zulhijjah, Muharrom dan bulan Rajab. Firman Allah:

Holy Quran 9:36
——————
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Sesungguhnya jumlah bulan pada tahun kamariah menurut hukum dan ketentuan Allah, serta menurut apa yang telah diterangkan dalam kitab–kitab suci-Nya sejak awal kejadian alam, adalah dua belas bulan.

Di antara dua belas bulan itu terdapat empat bulan ketika berperang pada saat itu diharamkan, yaitu Rajab, Zulkaidah, Zulhijah dan Muharam.

Pengharaman empat bulan tersebut di atas adalah termasuk ajaran agama Allah yang benar, yang bersifat konstan, tidak mengalami perubahan atau pergantian. Maka janganlah berbuat lalim kepada diri kalian pada bulan-bulan ini dengan menghalalkan perang.

Tapi jangan pula kalian berpangku tangan jika musuh menyerang. Perangilah, hai orang-orang Mukmin, kelompok orang-orang musyrik tanpa terkecuali, seperti mereka memerangi kalian semuanya.

Yakinlah bahwa Allah adalah penolong bagi orang-orang yang takut pada Allah. Berpegang teguhlah kepada perintah Allah dan jauhilah semua larangan-Nya.

Dinamakan bulan Rajab karena pada bulan ini Allah mencurahkan rahmat dan berkah-Nya untuk ummat manusia. Pada bulan Rajab juga Allah akan melipat gandakan pahala dan memaafkan kesalahan.

Rajab juga adalah salah satu dari nama sungai di sorga yang warnanya lebih putih dari susu dan rasanya lebih manis dari madu. Rajab adalah bulannya Allah Swt, Sya’ban adalah bulannya Rasulullah saw dan Romadhon adalah bulannya ummat Nabi Muhammad saw.

Sholat pada Malam Bulan Rajab

Nabi saw bersabda: “Barangsiapa yang sholat 2 (dua) rakaat pada malam pertama bulan Rajab setelah sholat Isya’. Pada rakaat pertamanya setelah Al- Fatihah membaca surah Surah Alam nasyroh (94) satu kali dan surah Al-Ikhlas 3 kali dan pada rakaat kedua setelah Al-Fatihah membaca surah Alam nasyroh satu kali dan Surah Al-Ikhlâs, Al-Falaq dan An-Nâs satu kali. Dan setelah salam membaca : lâ ilâha illallâh dan sholawat 30 kali”. (Wasail, 5: 943)

lâ ilâha illallâh, Allâhumma sholli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Tidak ada tuhan kecuali Allah, Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad. Maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang lalunya dan dia akan keluar dari dosanya sebagaimana bayi yang keluar dari perut ibunya”.

Nabi saw bersabda:”Barangsiapa yang sholat pada malam hari di bulan Rajab dan membaca surah Al- Ikhlas sebanyak 100 kali di dua rakaat (50 kali rakat pertama dan 50 kali di rakaat kedua setelah surah Alfatihah) dia bagaikan berpuasa seratus tahun di jalan Allah, Allah akan memberinya 100 istana di sorga”. (Iqbalul Amal, hal. 122)

Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Muhammad Hulwani dalam Kitab Tuhfah, Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang melakukan sholat pada bulan Rajam 60 rakaat setiap malamnya dua rakaat, dan pada tiap rakaatnya membaca fatihah, surah alkafirun 3 kali dan alikhlas sekali maka Allah akan mengabulkan doanya dan dia akan diberi pahala 60 haji dan 60 umroh.” (Wasail, 5: 95)

Doa di Bulan Rajab dan dibaca di setiap selesai Sholat lima waktu

Diriwayatkan dari Ma’la bin Hunain dari Imam Shodiq a.s. beliau mengucapkan doa ini di bulan Rajab dan dibaca di setiap selesai Sholat lima waktu

بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

اَللّـهُمَّ اِنّي اَساَلُكَ صَبْرَ الشّاكِرينَ لَكَ، وَعَمَلَ الْخائِفينَ مِنْك، وَيَقينَ الْعابِدينَ لَكَ، اَللّـهُمَّ اَنْتَ الْعَلِيُّ الْعَظيمُ، وَاَنَا عَبْدُكَ الْبائِسُ الْفَقيرُ، اَنْتَ الْغَنِيُّ الْحَميدُ، وَاَنَا الْعَبْدُ الذَّليل، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ وَاْمْنُنْ بِغِناكَ عَلى فَقْري، وَبِحِلْمِكَ عَلى جَهْلي، وَبِقُوَّتِكَ عَلى ضَعْفي، يا قَوِيُّ يا عَزيزُ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ الاْوصياءِ الْمَرْضِيِّينَ، وَاكْفِني ما اَهَمَّني مِنْ اَمْرِ الدُّنْيا وَالاخِرَةِ يا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ

Bismillâhirrohmânnirrohîm, Allâhumma sholli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad, Allâhumma innî as- aluka shobrosy-syâkirîna laka, wa’amalal khô-ifîna minka, waya-qînal ‘âbidîna laka, Allâhumma antal ‘aliy-yul ‘adzîmu, wa-ana ‘abdukal bâ-isul faqî-ru, antal ghoniyyul hamîdu, wa-anal ‘ab dudz-dzalîlu, Allâhumma sholli ‘alâ Muhammad wa âlihi, wamnun bighinâka ‘alâ faqrî, wabihilmika ‘alâ jahlî, wabiquw- watika ‘alâ dho’fî yâ ‘azîzu, Allâhumma sholli ‘alâ Muhammad wa âlihil aushiyâ-il mardhiyyîna wakfinî mâ ahammanî min amrid-dunyâ wal-âkhiroti yâ arhamar-rôhimîna

Dengan asma Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad. Ya Allah hamba memohon kesabaran orang yang bersyukur pada-Mu, amalan orang yang takut pada-Mu, keyakinan orang yang beribadah pada-Mu. Ya Allah, duhai Yang Maha Tinggi dan Agung sedangkan daku adalah hamba yang lemah dan faqir, Dikau Yang Maha Kaya dan terpuji sedangkan daku hamba yang hina. Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas Muhammad dan keluarganya. Ya Allah hamba memohon kekayaan-Mu guna menutup kefakiran hamba, kedermawanan-Mu guna menghilangkan kejahilan hamba, kekuatan-Mu atas kelemahan hamba, duhai Yang Maha Mulia. Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas Muhammad dan keluarganya yang diridhoi cukupkan daku dari urusan dunia dan akhirat, duhai Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Doa Sambil Sujud di setiap Siang dan Malam Bulan Rajab

Dianjurkan untuk membaca doa berikut pada saat sujud pada setipa siang dan malamnya:

‘azhumadz dzambu min ‘abdika falyuhsinul ‘afwu min ‘indika

Doa lain setelah sholat dibulan Rajab

بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

يا مَنْ اَرْجُوهُ لِكُلِّ خَيْر، وَآمَنَ سَخَطَهُ عِنْدَ كُلِّ شَرٍّ، يا مَنْ يُعْطِي الْكَثيرَ بِالْقَليلِ، يا مَنْ يُعْطي مَنْ سَأَلَهُ يا مَنْ يُعْطي مَنْ لَمْ يَسْأَلْهُ وَمَنْ لَمْ يَعْرِفْهُ تَحَنُّناً مِنْهُ وَرَحْمَةً، اَعْطِني بِمَسْأَلَتي اِيّاكَ جَميعَ خَيْرِ الدُّنْيا وَجَميعَ خَيْرِ الاْخِرَةِ، وَاصْرِفْ عَنّي بِمَسْأَلَتي اِيّاكَ جَميعَ شَرِّ الدُّنْيا وَشَرِّ الاْخِرَةِ، فَاِنَّهُ غَيْرُ مَنْقُوص ما اَعْطَيْتَ، وَزِدْني مِنْ فَضْلِكَ يا كَريمُ . ثمّ مدّ يدك اليسرى وقبض على لحيتك وقل وانت تحرك سبّابتك اليمنى يمينًا وشمالاً ، وأنت تقول : يا ذَا الْجَلالِ وَالاِْكْرامِ، يا ذَا النَّعْماءِ وَالْجُودِ، يا ذَا الْمَنِّ وَالطَّوْلِ، حَرِّمْ شَيْبَتي عَلَى النّارِ

Istighfar Bulan Rajab

Nabi saww bersabda :”Barangsiapa membaca istighfar di bawah ini 100 kali dan mengakhirinya dengan shodaqoh maka Allah akan mengampuninya dan memberinya rahmat. Barangsiapa yang membacanya 400 kali Allah akan memberinya pahala orang yang mati syahid dan pada hari kiamat Allah akan berfirman bahwa Aku telah berikrar pada malaikat-Ku untuk mengabulkan permohonannya.

Astagh-firullôhal-ladzî lâ ilâha illâ huwa wahdahu lâ syarîka-lahu wa atûbû ilaihi

Hamba memohon ampun pada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Tunggal dan tidak ada sekutu bagi-Nya dan hamba bertaubat kepada-Nya

Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Disebutkan dalam hadis-hadis berikut tentang keutamaan puasa di bulan Rajab:

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Rajab Allah akan menyelamatkannya dari siksa api neraka dan Allah akan mewajibkannya untuk masuk sorga.

Barangsiapa yang berpuasa 1 (satu) hari di bulan Rajab maka Allah akan menjauhkan neraka darinya sejauh perjalanan satu tahun. Dan Allah akan memberinya minum dari sungai yang bernama Rajab, yang airnya lebih putih dari susu dan manisnya lebih manis dari madu.

Barangsiapa yang berpuasa 3 (tiga) hari di bulan Rajab maka Allah akan mencatat untuk setiap hari puasanya sebagaimana puasa satu tahun. Dan wajib atasnya untuk masuk sorga.

Barangsiapa yang puasa 7 (tujuh) hari di bulan Rajab maka Allah akan menutup 7 (tujuh) pintu neraka untuknya.

Barangsiapa yang berpuasa 8 (delapan) hari di bulan Rajab maka Allah akan membuka untuknya 8 (delapan) pintu sorga.

Barangsiapa yang berpuasa 15 (lima belas) hari di bulan Rajab maka Allah akan mengadili dirinya dengan pengadilan yang mudah.

Barangsiapa yang berpuasa selama satu bulan dalam bulan Rajab maka Allah akan meridhoinya.

Barangsiapa yang diridhoi-Nya maka dia tidak akan di siksa.

Yang tidak berpuasa di bulan Rajab maka dia tidak mendapatkan keutamaan dan kemulian bulan Rajab.

Barangsiapa yang berpuasa satu hari di akhir bulan Rajab maka Allah akan menyelamatkannya dari dahsyatnya siksa pada saat sakaratul maut dan siksa kubur.

Barangsiapa yang berpuasa selama dua hari di akhir bulan Rajab maka Allah akan menyela-matkannya dari Shirot (Jembatan di Hari Kiamat)

Barangsiapa yang tidak dapat berpuasa di bulan Rajab karena sakit atau berhalangan maka di anjurkan untuk bersedekah kepada fakir miskin di setiap harinya selama bulan Rajab agar dia mendapatkan pahala- pahala puasa di bulan Rajab. Dan yang tidak mampu bersedekah maka dia dapat menggantinya dengan membaca tasbih sebagai berikut:

سُبْحانَ الاِْلهِ الْجَليلِ، سُبْحانَ مَنْ لا يَنْبَغي التَّسْبيحُ إِلاّ لَهُ، سُبْحانَ الاَْعَزِّ الاَْكْرَمِ، سُبْحانَ مَنْ لَبِسَ الْعِزَّ وَهُوَ لَهُ اَهْلٌ

subhânal ilâhal jalîl, subhâna man lâ yanbaghit tasbîhu illâ lahu, subhânal a’azzul akromi, subhâna man labisal ‘izza wa huwa lahu ahlun

Mahasuci Allah Yang Maha Mempunyai Kebesaran, Maha suci (Allah) Yang hanya Dia-lah yang layak disucikan, Maha suci (Allah) Yang Maha Mulia dan Maha Dermawan, Maha suci (Allah) Yang Menyandang Kemuliaan dan Hanya Dialah Yang pantas menyandangnya

Membaca Surah Al-Ikhlas di Bulan Rajab

Nabi saaw bersabda: “Barangsiapa membaca At- Tauhid (Surah Al-Ikhlas) 10.000 (sepuluh ribu) kali dengan niat yang ikhlas di bulan Rajab. Dia akan dihapus dosanya pada hari kiamat bagaikan bayi yang baru lahir perut ibunya. Dia akan digiring oleh 70 malaikat yang akan membawanya ke sorga. Barangsiapa yang membaca 1000 (seribu kali) surah Al-Ikhlas. Dia akan dapatkan di hari kiamat nanti dengan amalan 1000 nabi dan 100 malaikat dan akan dekat dengan Allah. Barangsiapa yang membaca 100 kali surah Al-Ikhlas, Allah akan memberkahi dirinya, dan keluarganya serta tetangganya. Dan akan dibangunkan untuknya 12 istana di sorga. Barangsiapa membacanya pada hari Jum’at 100 kali akan diberi cahaya di hari kiamat dan akan di giring ke sorga.

Peristiwa Yang Terjadi di Bulan Rajab

  1. Tanggal 1 Rajab hari lahirnya Imam Muhammad Al-Baqir a.s.
  2. Tanggal 2 Rajab hari lahirnya Imam Ali Al-Hadi a.s.
  3. Tanggal 3 Rajab hari syahadah Imam Ali Hadi An- Naqi a.s.
  4. Tanggal 10 Rajab hari lahirnya Imam Muhammad Ali At-Taqi Al-Jawad a.s.
  5. Tanggal 13 Rajab hari lahirnya Imam Ali bin Abi Thalib a.s.
  6. Tanggal 14 Rajab hari wafatnya Sayyidah Zainab (putri Imam Ali bin Abi Tholib a.s.)
  7. Tanggal 24 Rajab hari kemenangan di Perang Khaibar
  8. Tanggal 25 Rajab hari syahadah Imam Musa Al- Kadzim a.s.
  9. Tanggal 27 Rajab hari (Mab’ats) di utusnya Rasulullah saww dan Isra’ Mi’raj.
  10. Tanggal 29 Rajab terjadi Perang Tabuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here