Ayat-Ayat Untuk Ahlulbait As Bag 1

0
558 Dibaca
ayat ayat untuk ahlulbait

Ada sekitar 31 ayat yang turun khusu untuk Ahlulbait, yang mana ayat ayat tersebut akan kami paparkan disini. Tetapi akan terbagi dalam beberapa bagian. Ayat apa saja yang turun untuk Ahlulbait As ?

Ayat yang pertama

Allah Swt berfirman:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
Tunjukilah Kami jalan yang lurus ( QS. Al-Fatihah: 6)

Imam al-Tha’labi meriwayatkan dalam buku tafsirnya al-Kashf wa al-Bayan dengan sanad dari Buraydah tentang firman Nya Tunjukikah kami jalan yang lurus

Beliau berkata ” Jalannya (shirat) Nabi Muhamamd dan Ahlulbayt nya [Al-Baghawi dalam tafsir ayat ini meriwayatkan dari Abi al-‘Aliyah dan al-hasan tentang shiratal Mustaqim adalah Nabi, sahabat serta keluarganya. Sedangkan riwayat dari shahr ibn Hawshab, Sesungguhnya adalah sahabat dan keluarganya.]

Ayat yang kedua

Allah Swt berfirman:

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhan nya maka Allah menerima Tobatnya sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha penyayang ” (QS. al-Baqarah: 37)

Imam al-Suyuti al-Shafi telah mengutip dua hadis di dalam buku tafsirnya al-Durr al-Manthur Dari Ali ra dan Ibn Abbas ra bahwa Nabi Saw telah menjelaskan al-Kalimat ( beberapa kalimat ) di dalam ayat tersebut yang telah diterima oleh Nabi Adam as dari Tuhannya dimana dengan kalimat tersebut beliau diampuni dosanya bahwa Adam memohon pada Allah dengan kedudukan Muhammad , Ali , Fathimah, Al Hasan dan Al Husein maka ampunilah dosa ku maka Allah pun mengampuni nya

Hadis dari Ibn Abbas juga telah diriwayatkan oleh ibn Maghazili dalam al-Manaqibnya nomor 89.

 


Riwayat seperti ini sangat cocok sekali dengan penjelasan yang termuat didalam Al-Qur’an bahwa Adam dan Hawa as telah berkata keduanya berkata Ya tuhan kami kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi Rahmat kepada kami niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi ( QS. Al-A’raf: 23)

Keduanya telah berdoa dengan kalimat seperti ini dan juga melalui tawasul kepada nama nama seperti tertera dalam hadis diatas.

Bukan berarti jika tidak disebutkan dalam Al-Qur’an, maka hal itu tidak pula disebutkan pada selainnya ( Hadis ) dan tidak pula terdapat dalam riwayat bahwa keduanya tidak menyatakan hal semacam itu.

Sumber: Ayat-Ayat Untuk Ahlulbayt, karya Amin ibn Salih Harran al-Hida’ hal, 35-37

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here