Amalan Sebelum Tidur Yang Diajarkan Rasulullah Kepada Sayyidah Fatimah

0
511 Dibaca
amalan sebelum tidur yang diajarkan rasulullah

Amalan Sebelum Tidur Yang Diajarkan Rasulullah Kepada Sayyidah Fatimah – Diriwayatkan pada suatu malam Rasulullah saw datang kerumah Sayyidah Fatimah, sementara putrinya itu sudah berada didalam selimutnya dan bersiap untuk tidur. Melihat ayahnya datang, Fatimah segera ingin bangun namun Rasulullah melarang dan menyuruhnya untuk tetap di posisinya.

Dalam kondisi semacam itu Rasulullah saw berpesan kepada Fatimah,

”Hai putriku, Fatimah, janganlah engkau tidur sebelum menghatamkan Al-Qur’an. Janganlah engkau tidur sebelum menjadikan seluruh para nabi memberi syafaat kepadamu.

janganlah engkau tidur sebelum menjadikan kaum mukminin dan mukminat rela kepadamu. ]anganlah engkau tidur sebelum melaksanakan haji dan umrah.”

Mendengar nasehat ini Sayyidah Fatimah terheran. Bagaimana beliau bisa melakukan semua itu dalam satu malam? Ketika Fatimah ingin bertanya kepada ayahnya, Rasulullah segera bertakbir dan melakukan solat dua rakaat di kamar putri tercintanya itu.

Fatimah menanti ayahnya selesai solat, kemudian segera bertanya, ”Ayah, engkau menyuruhku untuk melakukan hal yang sangat sulit.”

Rasul pun tersenyum dan menjawab:

”Putriku, bukankah bila engkau membaca Surat Al-Ikhlas tiga kali berarti engkau telah dihitung seperti mengkhatamkan Al-Qur’an?

Bukankah bila engkau bershalawat kepadaku dan kepada seluruh para nabi sebelumku berarti engkau telah mempersiapkan para nabi untuk memberi syafaat?

Bukankah bila engkau memohonkan ampun bagi kaum mukminin dan

mukminat maka engkau telah membuat mereka rela kepadamu?

Bukankah bila engkau membaca subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah Allahu akbar maka engkau telah mendapatkan pahala haji dan umrah ?”

Maka dari kisah ini, Rasulullah saw ingin mengajarkan bahwa sebelum tidur bacalah :

1. Surat Al-Ikhlas 3 kali.

2. Shalawat kepada seluruh nabi.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ عَلَى جَمِيْعِ الْأَنْبِيَاءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ.

3. Memohdn ampunan bagi seluruh kaum mukminin dan mukminat.

أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ المُؤْمِنَاتِ

4. Membaca zikir

سُبْحَانَ اللّٰهِ وَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ وَ اللّٰهُ أَكْبَر

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here